Saturday 22 May 2010

bahasa pemrograman java

tulisan ini akan memuat sedikit kilasan tentang sejarah java.

Java lahir pada saat penelitian yang dilakukan oleh sejumlah insinyur di Sun California pada tahun 1991. Mereka membuat proyek pembuatan bahasa pemrograman yang dapat berjalan pada perangkat yang memiliki memori ukuran kecil. Selain itu mereka juga menginginkan program yang dapat berjalan di platform manapun, ini dikarenakan setiap perangkat mempunyai manufaktur yang berbeda. Java sendiri terinspirasi ketika para tim minum kopi di sebuah kedai kopi di dekat kantor mereka. Salah seorang tim berbicara tentang asal muasal biji kopi yang mereka minum yaitu dari Java (pulau Jawa). Kemudian para tim sepakat menamakan bahasa itu Java dengan logo secangkir kopi panas.

versi java :

§ java versi 1.0 : versi pertama java ketika release

§ java.lang : peruntukan kelas elemen-elemen dasar

§ java.io : peruntukan kelas input dan output, termasuk penggunaan berkas

§ java.util : peruntukan kelas pelengkap

§ java.net : peruntukan kelas TCP/IP yang memungkinkan untuk berkomunikasi dengan komputer lain

§ java.awt : kelas dasar untuk aplikasi antarmuka dengan pengguna (GUI)

§ java.applet : kelas dasar aplikasi antarmuka untuk diterapkan pada penjelajah web

kelebihan java :

§ multiplatform : dapat dijalankan dibeberapa platform / sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan dimana saja. Dengan kelebihan ini pemrogram cukup menulis sebuah program java dan di kompilasi maka hasilnya dapat dijalankan di atas beberapa platform tanpa adanya perubahan.

§ OOP (Object Oriented Programming) : semua aspek yang terdapat di java adalah objek. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis objek secara murni. Semua tipe data diturunkan dari kelas dasar yang disebut objek. Hal ini sangat memudahkan pemrogram untuk mendesain, membuat, mengembangkan dan mengalokasikan kesalahan sebuah program dengan basis java secara cepat, tepat, mudah dan terorganisir.

§ perpustakaan kelas yang lengkap : java terkenal dengan kelengkapan library / perpustakaan yang sangat memudahkan para pemrogram untuk membangun aplikasinya.

§ bergaya C++ : memiliki sintaks separti bahasa pemrograman C++ sehingga menarik banyak pemrogram C++ untuk pindah ke java. Saat ini pengguna java sangat banyak, sebagian besar adalah pemrogram C++ yang pindah ke java.

kekurangan java :

§ mudah didekompilasi : dekompilasi merupakan proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan karena kode jadi java merupakan bytecode yang menyimpan benyak atribut bahasa tingkat tinggi. Dengan demikian, algoritma yang digunakan program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak / direserve-engineer.s

§ tulis sekali perbaiki dimana saja : masih ada beberap halyang tidak kompetibel antara platform satu dengan platform lain. untuk J2SE, misalnya SWT-AWT bridge yang sampai sekarang tidak befungsi pada Mac OS X.

§ Penggunaan memory yang banyak : penggunaan memory untuk program berbasis java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat generasi sebelumnya seperti pascal dan C / C++.



0 comments:

Post a Comment

 

sweet Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon | Sponsored by: Website Templates | Premium Wordpress Themes | consumer products. Distributed by: blogger template